Pria Hobi Makan Junk Food Berpotensi Mandul

Jakarta - Semua orang tahu bahwa junk food bisa berakibat buruk bagi kesehatan, termasuk kesuburan. Penelitian terbaru mengatakan bahwa pria yang gemar mengonsumsi junk food berpotensi mengalami kemandulan.

Menurut dokter dari Harvard University dan University of Murcia, gizi yang didapat seseorang dari makanan dan minuman yang dikonsumsinya bisa berdampak langsung pada sistem reproduksi, terutama bagi pria. Mereka mengatakan bahwa pizza, pasta dan keripik bisa membuat pria mandul.

Kesimpulan tersebut didapat setelah menganalisa sperma dari pria yang berusia 18 hingga 22 tahun. Para peneliti menemukan bahwa pria yang mengonsumsi makanan dengan kadar lemak trans tinggi, memiliki risiko cukup besar untuk alami kemandulan.

Sebelum berpartisipasi dalam penelitian tersebut, 188 pria dipastikan tidak memiliki masalah kesehatan yang bisa mempengaruhi kualitas sperma mereka. Setelah itu mereka dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok 'westren' yang hanya memakan daging merah, karbohidrat olahan, permen dan minuman berenergi, serta kelompok 'prudent' yang memakan ikan, buah, sayuran dan biji-bijian.

Kemudian tes dilakukan untuk menilai gerakan, konsentrasi dan bentuk sperma. Hasilnya, mereka yang mengikuti diet 'prudent' memiliki gerakan sperma yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang termasuk dalam kelompok 'westren'. Gerakan sperma menjadi menurun dan sulit membuahi sel telur.

"Hasil temuan secara keseluruhan, bahwa diet yang sehat tampaknya bermanfaat bagi kualitas air mani. Memakan ikan, buah segar, biji-bijian serta sayuran bisa meningkatkan motilitas sperma, yang berarti jumlah sperma bergerak lebih tinggi daripada jumlah yang mati," ujar Audrey Gaskins, penulis penelitian.
(eya/hst)(Sumber: http://www.wolipop.com)

Popular posts from this blog

Nikita Mirzani Koleksi Foto Telanjang

Edison Chen Kesandung Skandal Foto Mesum Lagi

Daniel Mananta Bantah Remas Dada Syahrini