Tips Makanan yang Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Jakarta - Cuaca yang tidak menentu seringkali membuat daya tahan tubuh menurun dan terserang penyakit. Jangan dulu meminum tablet vitamin atau suplemen tubuh untuk memperkuat sistem imun tubuh. Dikutip dari Times of India, cara terbaik untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan mengonsumsi berbagai makanan penuh nutrisi penting. Apa saja?

1. Bawang Putih
Selama berabad-abad, bawang putih telah menjadi komponen penting pada hampir setiap resep makanan. Namun, efek menguntungkan bawang putih tidak hanya menambah rasa pada makanan. Kerabat dekat bawang-bawangan ini telah lama digunakan sebagai penguat imunitas karena kandungan nutrisinya, anti-jamur dan antiseptik. Penelitian menunjukkan, jika dimakan mentah, bawang putih mampu memberikan perlindungan terhadap penyakit pilek, batuk dan infeksi pada dada. Ini dikarenakan bawang putih merupakan sumber tinggi vitamin (C, B1, dan B6), mineral (fosfat dan zat besi) dan sulfoksida yang dikenal akan kemampuan antibakterinya.

2. Ikan
Asam lemak omega 3 yang banyak ditemukan terutama pada ikan laut seperti salmon, tuna dan makarel adalah penguat imunitas penting yang membantu menjaga kebugaran tubuh secara keseluruhan. Disarankan bagi anak Anda untuk mengkonsumsi setidaknya tiga ons salmon tiga kali dalam seminggu. Makanan yang kaya asam lemak tak jenuh ini, meningkatkan aktivitas fagosit atau sel darah putih yang menghancurkan bakteri berbahaya yang ada di dalam tubuh. Selain itu, kandungan asam lemak tak jenuh ini juga memberikan perlindungan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh reaksi berlebih terhadap infeksi.

3. Buah dan Sayuran
Pola makan dengan banyak buah dan sayuran merupakan cara hebat lain untuk melawan setiap kondisi yang berhubungan dengan respon menurunnya sistem imun. Alasan utama adalah karena buah dan sayuran memiliki kandungan tinggi nutrisi penguat imunitas seperti vitamin C dan bioflavenoids. Vitamin C meningkatkan produksi sel darah putih pencegah infeksi dan antibodi. Kandungan ini mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) sehingga menurunkan risiko terserang penyakit cardiovaskular. Selain itu, kandungan phytonutrient melindungi sel tubuh dari sejumlah polutan tubuh berbahaya.

4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian
Kacang-kacangan dan biji-bijian sangat bermanfaat bagi fungsi jantung sehat, kandungan berharga vitamin E yang dimilikinya membantu meningkatkan respon imun. Mekanisme utamanya adalah dengan menstimulasi produksi sel pembunuh alami yang mampu menghilangkan sel kuman berbahaya dan sel kanker di dalam tubuh. Tergantung gaya hidup seseorang, dosis harian nutrisi yang dibutuhkan mungkin berbeda-beda. Orang dengan gaya hidup pasif dan tingginya tingkat konsumsi alkohol akan membutuhkan lebih dari 100-400 miligram sehari.

5. Gandum Utuh
Beras merah, oats, barley (jelai), dan jenis gandum utuh lainnya tinggi akan kandungan serat, protein, dan antioksidan. Faktanya, banyak ahli gizi menyatakan bahwa gandum utuh memberi lebih banyak kandungan gizi penting dibandingkan beras olahan seperti tepung terigu. Oleh karena itu, disarankan untuk mengganti konsumsi segala bentuk beras olahan dengan gandum utuh untuk meningkatkan tingkat kekebalan tubuh kita.
(hst/hst)(Sumber:http://wolipop.detik.com)

Popular posts from this blog

Nikita Mirzani Koleksi Foto Telanjang

Daniel Mananta Bantah Remas Dada Syahrini

Edison Chen Kesandung Skandal Foto Mesum Lagi