Makan Cokelat Sama Sehatnya dengan Latihan Jogging

Jakarta - Cokelat, terutama jenis yang berwarna gelap dark chocolate sudah dikenal sebagai penganan yang baik untuk menyehatkan jantung. Biji cokelat --bahan utama coklat-- merupakan sumber alamiah antioksidan berkonsentrat tinggi flavanol, dan cukup berperan penting dalam perawatan kesehatan sehari-hari.

Namun kini sebuah penelitian menemukan, dark chocolate tidak hanya baik untuk jantung tapi juga bisa meningkatkan kebugaran tubuh. Para peneliti di Amerika Serikat menunjukkan, mengonsumsi seporsi kecil dark chocolate bisa meningkatkan kesehatan seperti halnya berolahraga.

Penelitian yang dilakukan di Wayne State University, Detroit, Michigan menemukan bahwa senyawa nabati di dalam cokelat yang bernama epicatechin bisa menstimulasi perkembangan otot. Stimulasi tersebut sama seperti ketika seseorang melakukan aktivitas fisik secara intens, seperti jogging.

Dalam percobaan yang dilakukan pada tikus, para peneliti pun melihat bahwa ecatechin juga membantu produksi mitochondria lebih banyak pada tubuh. Zat tersebut bekerja seperti batere kecil yang memberi tenaga untuk tubuh.

Tak hanya itu, mitochondria juga meningkatkan kinerja pembuluh kapiler. Pembuluh ini bertugas mengalirkan oksigen, zat makanan, hormon dan zat-zat lain yang terkandung dalam darah.

"Latihan aerobik seperti lari atau bersepeda, bisa meningkatkan jumlah mitochondria dalam sel otot," ujar Dr Moh Malek, seperti dikutip dari Times of India.

Dr Malek menambahkan, "Studi kami menemukan bahwa epicatechin bisa memberi efek yang sama (seperti jogging), terutama pada jantung dan otot rangka."

Meskipun percobaan dilakukan pada tikus, Dr Malek mengatakan, efek yang sama juga bisa terjadi pada manusia. Studi itu sendiri sudah diterbitkan dalam Journal of Physiology.(hst/kik)
(Sumber: http://www.wolipop.com)

Popular posts from this blog

Nikita Mirzani Koleksi Foto Telanjang

Daniel Mananta Bantah Remas Dada Syahrini

Edison Chen Kesandung Skandal Foto Mesum Lagi