Alasan Mengapa Perempuan Harus Berbisnis

Kata siapa perempuan tidak bisa berbisnis?? Hal ini jelas ditampik atas kenyataan bahwa kini banyak perempuan yang mampu mendirikan usaha dan sukses pada bisnis yang digelutinya itu. Kita ambil contoh Oprah Winfrey, Sumiwilujeng “Brownies Kukus Amanda”, dan Moeryati Soedibyo. Ketiganya merupakan wanita-wanita yang telah menunjukkan dan membuktikan bahwa perempuan juga bisa sukses dalam dunia bisnis.

Oprah Winfrey yang sukses dengan acara talkshownya yang berjudul “The Oprah Show”, Sumiwilujeng yang sukses dari bisnis brownies kukus Amanda, bahkan kini telah menjadi salah satu kuliner favorit dari Bandung dan Moeryati Soedibyo yang dikenal sebagai salah satu pengusaha kosmetik papan atas di Indonesia. Sebenarnya masih banyak tokoh wanita lain yang sukses dalam berbisnis. Bahkan jika anda mau, anda juga bisa meraih kesuksesan yang sama dengan wanita-wanita yang telah dijabarkan di atas.

Seperti yang disampaikan oleh General Manager Yummy Food Utama, Muassis Andang melalui seminar yang berjudul “Perempuan dan Uang” dan digelar oleh Nova dan BundaInbiz, ada beberapa alasan yang menjadi dasar mengapa perempuan harus berbisnis. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah :

1. Resiko yang lebih Kecil
Pada masa sekarang ini, cukup sering ditemui kejadian bahwa suami dan istri sama-sama bekerja. Namun terkadang ada juga keluarga yang hanya mengandalkan suami sebagai tulang punggung ekonomi dalam satu keluarga. Untuk mendukung suami, tidak ada salahnya bagi istri untuk membantu suami dengan menjalankan bisnis di rumah. Dengan demikian, sumber pemasukan dari suami dari pekerjaan kantor juga terbilang “aman” tanpa harus ditegur oleh atasan karena bisnis yang dilakukan oleh suami di luar pekerjaan utamanya, dan istri bisa mendukung suami dalam hal meningkatkan tingkat ekonomi keluarga. Dalam hal ini yang terpenting adalah kerjasama dan upaya saling mendukung antara suami dan istri dalam menjalankan bisnis.

2. Multitasking
Kelebihan yang dimiliki oleh perempuan adalah kemampuannya dalam mengerjakan banyak pekerjaan dalam satu waktu (multitasking). Hal ini adalah kompetensi yang mendasar yang dibutuhkan dalam berbisnis. Hal ini tidak dimiliki oleh pria dan merupakan alasan lebih mengapa perempuan harus berbisnis. Dalam hal bisnis, perempuan bisa menjalankan beberapa fungsi bisnis seperti pemasaran, penjualan bahkan sampai manajemen SDM sekaligus.

3. Pengambil Keputusan
Saat akan membeli rumah atau perabot rumah tangga, perempuan adalah penentu bagi itu semua. Dalam hal pembelian, wanita memang menjadi penentu utama. Hal ini jugalah yang mendasari mengapa sebagian besar konsumen itu berasal dari kaum perempuan. Namun bayangkan jika posisi konsumen ini dibalik menjadi produsen. Tentunya perempuan akan jauh lebih memahami bahkan dapat merasakan keinginan dari konsumen sebagai representasi dari dirinya sendiri.

4. Era Reformasi
Kelebihan lain yang dimiliki oleh perempuan adalah kemampuannya dalam membentuk networking dan berkomunikasi. Hal ini tampak dari banyaknya komunitas yang diikuti dan dibentuk oleh perempuan. Di era informasi dan teknologi ini, kemampuan seperti ini bisa lebih optimal dalam pemanfaatannya. Bahkan menurut penelitian di Amerika Serikat, enam dari sepuluh pengguna internet adalah perempuan. Atas dasar ini jugalah Bisnis Online menjadi satu alternatif yang sangat menguntungkan.
(Sumber: www.lovira.com)

Apakah Anda Ingin memiliki Bisnis dengan Modal Kecil??? KLIK DISINI

Popular posts from this blog

Daniel Mananta Bantah Remas Dada Syahrini

Alamat Kantor Cabang Oriflame di Indonesia

Nikita Mirzani Koleksi Foto Telanjang